Cerita UMKM Modalku – CV Swacipta Karya Mulia


aat ini, desain interior sudah menjadi kebutuhan. Awalnya ini adalah bisnis orang tua saya. Mereka memulai bisnis pada tahun 80-an, hingga tahun 1998. Mereka kehilangan uang, bangkrut… dan berhenti selama 10 tahun. Pada tahun 2008, saya meninggalkan kuliah. Saya mencoba membangun kembali bisnis ini.

Awalnya saya hanya mengambil proyek di sini untuk satu atau dua pelanggan. Kemudian daftar pelanggan saya bertambah. Saya mendorong diri saya untuk berani, Membangun dan merintis bengkel ini dengan modal kecil. Saat itu, saya tidak punya apa-apa. Jadi saya menjual sepeda motor saya. Saya mendapat 7 juta rupiah dari hasil penjualan sepeda motor saya.

Saya menggunakan 5 juta rupiah untuk menyewa ruang. Sisanya untuk membeli alat sederhana. Saya akan menghabiskan uang saya untuk mendanai, katakanlah, proyek A. Tapi kemudian saya harus berhenti karena saya kehabisan modal. Jadi saya akan menunggu proyek baru, proyek B. Saya akan menggunakan uang muka dari proyek B untuk menyelesaikan proyek A. Kemudian saya akan menggunakan pembayaran dari proyek A untuk menyelesaikan proyek B. Itu akan terus berlanjut. Aset utama bisnis ini adalah saya.

Pertama-tama, ada kepercayaan. Kemudian pelanggan saya mempercayai keterampilan saya. Tapi, yah, kepercayaan dan keterampilan saya tidak bisa ditawarkan sebagai jaminan kepada lembaga keuangan. Mereka membutuhkan aset agunan. seperti sertifikat. Saya tidak memiliki aset dan agunan. Saya masih menyewa. Saya menyewa rumah dan ruang bisnis saya. Yang saya miliki hanyalah sebuah mobil. Saya tidak bisa menggunakan mobil saya sebagai jaminan. Modalku tidak membutuhkan itu. Saat marketing officer Modalku menghubungi saya. Dia berkata, “Ya Pak, kami tidak memerlukan jaminan”. Hanya perlu meninjau dokumen hukum dan riwayat pekerjaan. Dan laporan keuangan Anda selama 3 – 6 bulan terakhir. Aku punya semua itu. Jika Anda ingin mencoba, untuk memulai bisnis, jangan ragu. Hal utama harus datang dari diri Anda sendiri.

Anda harus yakin bahwa Anda memiliki kemampuan. Untuk menjalankan bisnis, lakukan saja. Anda dapat memperbaiki masalah modal saat Anda menjalankan bisnis Anda. Saya menjalankan bisnis saya sebaik mungkin dan dalam perjalanan, Saya menemukan penyelamat seperti Modalku. Ibukota tidak terduga. dan itu benar-benar membantu saya. Jadi jangan ragu. Meski tidak punya modal, tetap jalan..

Read More: Tips Sukses Awali Bisnis Jual Beli Tanah Dan Ketentuan Pajak Yang Ditanggung

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *