BISNIS FASHION ONLINE UNTUK PEMULA MODAL CUMA 300 RIBU


Aku sudah mulai bisnis ritel pakaian sejak kuliah dengan modal Rp300.000 Hai… Aku Elisha aku Founder dan CMO dari Her Goods Store saat ini Her Goods Store sudah memiliki peminat lebih dari 700.000 orang. Halo aku Elisha jadi aku S1 dulu di Bandung, di ITB ngambilnya teknik lalu sekarang lagi sibuk ambil S2 Master Prasetiya Mulya Business School untuk kesibukan sekarang aku ngurus bisnis-bisnis aja sama kuliah, dan kalau ditanya masalah kerjanya di mana? Pernah kerja di mana? Jadi aku habis kuliah tuh bener-bener langsung full bisnis, jadi ya udah aku pengalamannya hanya bisnis aja sih. Sebenarnya sih kalau untuk cerita awalnya itu enggak sengaja gitu. Jadi dulu aku sempat jualin barang-barang bekas aku, online yang pada saat itu sebenarnya emang masih sangat sedikit sih yang jual-jual online di Instagram itu sangat sedikit.

Nah, dari iseng itu terus aku iseng kemudian kayak Resale gitu loh resaller produk perempuan gitu dimulai dari kayak cuma 10 baju gitu. Nah, itu tuh pada saat itu aku masih kuliah gitu jadi sebenarnya nggak kepikiran untuk kemudian mau bisnis gitu, jadi Pengennya sih tadinya lulus ya kerja gitu biasa ya tapi tetep pas udah dijalanin eh seneng gitu sama kesibukan tuh seneng dan sebenarnya produk yang aku jual itu kenapa fashion? Karena aku emang suka juga gitu, jadi sama produk-produknya dulu kan awal-awalkan kayak baju-baju hangat gitu. Nah, aku emang suka dengan produk-produk itu. Jadi yang bikin aku kemudian Fashion ya karena aku suka aja si gitu. Nah, jadi itu untuk di awal bisnis aku sebenarnya kan nggak ngerti ya kalau nama tuh harus gimana? Nama tuh Baiknya gimana gitu kan nama merek. Nah, jadi pada saat itu lebih ke yaudah deh apa nih ya yang cepet aja gitu Itu tuh si nama ini menggambarkan yang aku jual gitu, atau yang aku sediain gitu. Nah, sebenernya Her Goods Store ini untuk saat ini adalah toko fashion gitu yang menyediakan produk-produk buat perempuan muda. Nah, tapi target market kami tuh adalah menengah ke bawah.

Nah yang ngebedain Store sama toko-toko lain itu adalah Her Goods Store menyediakan produk. Yang semi eksklusif maksudnya semi eksklusif adalah produknya terbatas jadi per desainnya itu kita bikin terbatas sehingga orang yang makai pun nanti nggak ngerasa, ih.. produknya pasaran gitu. Kalau misalnya sekarang kita lihat kan pasti yang murah tuh, relatif di diproduksi dalam jumlah yang sangat besar gitu kan. Disini kita melakukan ada modifikasi produksi juga yang menyebabkan si desainya itu bisa bervariasi dan kuantitas tetap terbatas dan dipatok nya pun dengan harga yang tetap terjangkau gitu. Sebelum teman-teman nonton video Entrepreneurs Indonesia, teman-teman silakan share, like, comment dan subscribe Channel dari Entrepreneurs Indonesia sebenarnya kalau di awal itu, lebih ke karena aku nggak ada pengalaman kerja gitu ya.

Jadi aku nggak punya bayangan gitu loh seharusnya untuk profesional seperti apa sih gitu. Paling pengalamannya cuma ketika kuliah aja gitu kan. Nah, itu terus ternyata mengolah orang tu nggak semudah itu gitu loh. Jadi banyak masalahnya itu segitu di pengelolaan sumber daya yang ada gitu jadi kayak misalnya ada yang pegawai yang kurang jujur kayak gitu-gitu tuh diawal cukup sering gitu. Jadi ganti-ganti pegawai diawal tuh cukup sering terus karena di awal juga oke semuanya aku yang handle gitu ya mulai dari rekrutmen nya juga aku yang handle, ya itu susah jadi kayak sebenernya ngulinya tuh di awal gitu ya,kaya tidur cuma sebentar yang gitu-gitu pasti si di awal gitu Paling kalau achievement itu. Produk Her Store pernah dipakai untuk semacam syuting itu shooting semacam sinetron di salah satu televisi lokal dengan bekerjasama dengan sebuah marketplace. Terus dulu juga sempet. ee…. Jadi apa top selling best selling nya gitu loh di salah satu marketplace gitu si. Oh ya, sebenarnya jadi aku tuh selain online gitu ya, itu tuh aku ada offline-nya juga maksudnya kita suka buka pop-up mark Store gitu di beberapa mall di paling sering si di Jakarta.

Nah, itu karena pandemi aku cukup takut gitu loh untuk tetap buka jadi semua yang offline di-stop dulu gitu. Nah, otomatis dari situ kan berarti nggak ada sama sekali marketing offline itu nggak ada terus penjualan offline juga nggak ada ya. Karena sebenernya kita kadang buka juga di kantornya di lantai satu cuman selama pandemi ini aku nggak berani gitu, jadi ya paling dari online aja untuk saat ini bedanya di situ. Tapi kalau untuk online sendiri untuk sellingnya relatif stabil sih. Harapan jadi aku tuh pengennya sih Her Goods Store ini yang pasti lebih berkembang gitu loh. Jadi kan sekarang kebanyakan ya customer nya itu paling dari Jawa aja gitu ya. Paling Sumatera gitu jarang yang dari Indonesia timur ada si gitu, Tapi enggak banyak. Nah, pengenya mereka bisa akses Her Goods Stores gitu ya, tapi nggak yang bikin mereka males di ongkirnya gitu-gitu sih paling. Jadi biar semua bisa kenal Her Goods Store dimulai dari si Indonesia ini. Nah, karena aku juga banyak nyediain produk baju baju hangat gitu aku sebel untuk jangka panjang pengen Her Good Store ini bisa supply produk baju hangat ini ke luar Indo, kayak contohnya ke negara-negara yang emang ada musim dingin seperti Jepang, Korea gitu si.

Kalau dari aku sih udah langsung mulai gitu. Jadi jangan terlalu overthink hal-hal detail, atau yang kaya harus sempurna dulu harus modalnya segini dulu, harusnya stock segini itu enggak usah gitu, mulai aja dulu gitu. Apalagi sekarang akses nya juga sangat mudah gitu. Ya udah ada sosial media yang free juga ada tik tok Ada Instagram jadi dipakai aja resource yang ada gitu. Jadi jangan overthink udah mulai aja gitu..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *